Rabu, 31 Juli 2019

Cara menghapus Aplikasi Bawaan Android Tanpa Root



Cara MengHapus Aplikasi Bawaan Android tanpa ROOT
Tutorial ini di tujukan kepada semua android tanpa terkecuali. Aplikasi bawaan android atau Bloatware secara umum bisa di bilang adalah aplikasi permanen yang tidak bisa di-uninstall secara biasa kadang justru membuat kita risih dan hanya bisa di-disable saja. Lalu Bagaimana Cara MengHapus Aplikasi Bawaan Android tanpa ROOT? Untuk kita yang memiliki Android dengan daya tampung yang sedikit kadang kita perlu menghapus aplikasi bawaan Android kita agar android kita menjadi sedikit lebih ringan. Dengan cara menghapus aplikasi bawaan di android kita akan lebih leluasa jika mengintal aplikasi yang menurut kita penting. Bagaimana Cara MengHapus Aplikasi Bawaan Android tanpa ROOT? Akan kita bahas di bawah ini.

Bloatware dipasang untuk mendukung kinerja sistem Android dan itu memang sudah di uji dari pabrikan, namun terkadang tidak semua aplikasi bawaan pabrik itu berguna bagi Kita. Dan Apakah semua aplikasi bawaan Android adalah bloatware? Mestinya tidak, ada aplikasi-aplikasi tertentu yang memang wajib ada agar sistem Android berjalan lancar, misalnya Google Play Store dan Google Play Services, Hangouts, Photos dan Play Music dan sebagainya sebagai icon atau simbol Android milik google, dan kadang juga ada banyak aplikasi pihak ketiga seperti UC browser, Cleaner, dan Aplikasi Olshopp lain yang tidak bisa di hapus.

Cara hapus aplikasi bawaan android


Untuk kategori smartphone yang paling terkenal berat, dan juga sangat terkenal memakan space paling banyak ialah Samsung sehingga cara hapus aplikasi bawaan android samsung ini wajib di ketahui juga bagi para user Samsung yang mana jika App bawaan smartphone android samsung anda ingin anda hapus. Dengan menghapus bloatware, kamu akan mendapatkan ruang penyimpanan tambahan dan space terasa lebih lega.

Beberapa artikel yang saya temukan, ada yang mengatakan bisa menghapus dengan cara disable aplikasi saja, sepertinya tutorial tersebut yang beredar di banyak situs itu hanya memberikan tips bagaimana cara menyembunyikannya saja dari menu utama dan sedikit mengurangi penggunaan RAM pada android, bukan mengurangi kapasitas ruang memori smartphone anda.

Apakah bisa menghapus bloatware tanpa ROOT? Bisa, ikuti langkah berikut ini..

Cara Menghapus Aplikasi Bawaan Android / Bloatware Tanpa ROOT


Bloatware atau aplikasi bawaan tidak bisa di-uninstall secara biasa, hanya bisa di-disable saja maka dari itu kita butuh trik-trik seperti berikut untuk menghapusnya, bisa langsung anda praktekkan sekarang kok.

Langkah menghapus bloatware Android tanpa root ialah dengan cara menggunakan laptop atau PC, Dan beberapa software yang sudah saya siapkan di bawah ini. Software dan App nya apa saja?

Pertama: Install driver USB dan ADB agar device terdeteksi di PC / laptop.
Software Download Download Dibawah Ini
UNLOCK EKSTRAK WINRAR Cek Download
Adb Fastboot Cek Download

Kedua: Install aplikasi App Inspector untuk mengecek Data pada paket installer bloatware yang akan dihapus.

Ketiga: Menyambungkan Android ke PC / laptop.

Keempat: Menjalankan perintah penghapusan bloatware lewat Command Prompt.

Selesai.

Cukup Mudah bukan? hanya dengan beberapa langkah saja. Berikut uraian setiap langkahnya sekalian di praktekkan saja gan.

Saya Testing Trik Cara menghapus aplikasi bawaan android ini menggunakan Asus Zenfone Max Pro M1. Untuk Smartphone yang lain bisa juga di praktekkan.

Sebelum memulai, siapkan bahan-bahan dan persyaratan berikut..

Install ADB Installer dan Asus Android USB Driver (berguna sebagai driver ADB Interface dan Bootloader Interface dan fastboot command. Link ada di atas tadi.

Jangan lupa terlebih dahulu anda Telah mengaktifkan USB Debugging,
Jika sudah memenuhi syarat, unduh dan install App Inspector by UBQSoft dari Google Play Store melalui HP kamu.

Setelah terpasang, jalankan App inspektornya dan pilih App List (Ordered by name) dan cari aplikasi yang ingin kamu hapus. Jangan Lupa Koneksikan hp kamu dengan laptop atau PC dengan kabel data originalnya.

Misalnya saya ingin menghapus Google Drive.

Perhatikan ini..!
Pada bagian Data, kamu akan menemukan nama installer package dari aplikasi yang ingin kamu hapus, untuk aplikasi Google Drive, Package name tertera seperti di atas:

 
'com.google.android.apps.docs'

Setelah mendapatkan data ini, buka Folder C: lalu pilih Minimal Adb & Fastboot, di dalam folder itu pilih yang CMD.exe lalu klik kanan "Run as administrator"

Hingga muncul tampilan berikut ini.
Selanjutnya ketik perintah.
 
adb devices

Perintah di atas bertujuan untuk memastikan apakah device kamu terkoneksi pada mode ADB atau tidak.

Jika terkoneksi, akan muncul kode acak (serial number) seperti berikut ini.

Jika tidak, pastikan kamu telah mengaktifkan USB Debugging dan driver telah terpasang dengan benar.

Jika muncul unauthorized seperti gambar berikut.

Coba lihat smartphone kamu, ada notifikasi minta permission (ijin) seperti berikut..

Centang kotak kecil itu lalu Klik OK.

Kemudian ulangi lagi perintah adb devices hingga muncul pesan attached.

Jika sudah terdeteksi, ketik perintah.
 
adb shell

Selanjutnya ketik perintah :
 
pm uninstall -k --user 0 'nama.installer'

Pada contoh di atas, maka saya harus mengetikkan nama dari package name App yang mau di uninstal contohnya Google Drive..

 
pm uninstall -k --user 0 'com.google.android.apps.docs'

Jika berhasil, akan ada notifikasi “Success” seperti contoh di atas. Jika ingin menghapus aplikasi lagi tinggal ketik lagi aja

Sama seperti di atas kodenya sama kayak di bawah ini.
 
pm uninstall -k --user 0 'nama.installer'

Jika sudah menghapus aplikasi, silahkan restart HP kamu dan selamat kamu sukses.

Sampai tahap ini, seharusnya aplikasi bloatware yang ingin kamu hapus sudah tidak muncul lagi di Homescreen yang artinya aplikasi telah terhapus.

Perhatian Dan Peringatan!


Jangan hapus aplikasi yang kamu ragu atau tidak paham fungsi dan kegunaannya sebab banyak aplikasi yang tidak terpampang di menu tetapi itu adalah aplikasi intinya-inti dan ahlinya-ahli untuk android anda, jika anda salah menghapus bisa mengakibatkan HP kamu tidak berfungsi dengan normal hingga bootloop dan berakhir harus flash ulang.


Demikian Cara Hapus Aplikasi Bawaan (Bloatware) Android tanpa ROOT semoga dapat di pahami, semoga dapat di praktekkan dengan cepat. Dan jangan lupa share atau bagikan artikel ini agar bermanfaat bagi teman-teman kalian yang membutuhkan.

Semoga bermanfaat..!
Disqus Comments